//Widhi Bamboo Craft, Industri Kreatif Rumahan Di Lumajang
Widhi Bamboo Craft

Widhi Bamboo Craft, Industri Kreatif Rumahan Di Lumajang

Setiap individu, masyarakat, alam, dan kosmos selalu berkaitan dan mereka harus menjaga keseimbangan yang baik. Manusia dan alam memang tidak memiliki kesamaan melainkan adanya keterikatan seperti halnya manusia membutuhkan alam dan sebaliknya alam memerlukan manusia. Pengetahuan ini yang menjadikan mereka lebih mengenali, mempelajari, dan menjaga yang kemudian memunculkan kesadaran terkait menghargai dan melestarikan alam guna melangsungkan kehidupannya. Istilah pengetahuan ini lebih dikenal dengan kearifan lokal.

Kearifan lokal ini sebagai bentuk representasi dan perspektif suatu kelompok yang dapat membaur atau bisa dikatakan hidup berdampingan dengan alam guna beradaptasi antara ruang dan individu, kelompok serta mitos (Yi-Fu, 1990, hlm. 398). Hal ini dikarenakan manusia hidup di dalam sebuah ruang, dan manusia tinggal di suatu tempat. Istilah ruang dan tempat ini sebenarnya memiliki persamaan yang menyamar dalam mendefinisikan. Secara singkat, ruang dapat dikatakan sebagai tempat apabila ruang tersebut dimaknai oleh ornag yang menggunakannya. Sebagai contoh, manusia yang jauh dari peradaban hidup di alam terbuka, tetapi mereka masih membutuhkan perlindungan alam. Fenomena ini sebenarnya menunjukkan bahwasanya ruang (space) dan tempat (place) ini sangat berkaitan dan saling membutuhkan terkait tindakan manusia dalam menjalankan kehidupan sehari – harinya.

Widhi Bamboo Craft

Industri Kreatif Rumahan

Dengan begitu masyarakat lokal akan meningkatkan spirit and personality sesuai dengan tempat tinggalnya, serta pengetahuan ini biasanya diwariskan turun temurun, seperti halnya pada keluarga Bapak Aris. Beliau berkata bahwa dulu kakeknya pintar sekali mengolah bambu sebagai keperluan rumah, mulai dari peralatan masak, peralatan makan dan minum dan masih banyak lagi”. Seperti yang diketahui, Bambu memiliki banyak sekali manfaatnya dan kelebihannya mulai dari batang bambu yang lentur sehingga tidak mudah patah. Tak heran bambu dijadikan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan.

Bambu memang mudah dicari dan juga memiliki nilai lebih karena lebih terlihat unik, estetik, dan menarik meskipun pengerjaannya lumayan sulit. Hal ini dikarenakan pembuatannya menggunakan alat biasa seperti gergaji, pisau, serta mesin untuk pemotong bambu, irat bambu, dan mesin pembelah bambu.

Mengapa dari bambu untuk kerajinan tangan? Sejak zaman dahalu masyarakat sudah memanfaatkan alam sebagai kehidupan sehari – harinya. Dulu ketika bulan ramadhan bambu sering dijadikan sebagai bahan mainan petasan oleh anak – anak, kadang juga sebagai obor dan masih banyak lagi. Selain itu bambu sendiri merupakan pohon yang memiliki jenis beraneka ragam dan memiliki fungsi sendiri. Untuk mas amir ini menggunakan bambu apas sebagai bahan utamanya yang dijadikan sebagai kerajinan tangan.

Kalau saya sendiri ini belajar dari youtube mas, apa yang ada di video ya saya tiru. Dan kadang juga mengikuti pelatihan mas, jadinya saya mengaplikasikan dan menjadikan rumah ini sebagai rumah kreatif dibantu sang istri. Apalagi sebelum covid 19 banyak orderan yang masuk. Industri kreatif tengah terkena dampak besar akibat virus Covid – 19 mulai dari menurunnya omzet, merumahkan karyawan, hingga terpaksa menutup usaha. Keadaan ini seolah membuat kita tidak berdaya. Dengan kondisi yang sekarang apa yang bisa dilakukan ya dikerjakan, mau laku itu urusan nanti yang penting produknya ada. Untuk harga sebenarnya mengikuti harga pasaran yang berlaku jadi ya normal – normal saja.