//Coban Rais, Bentuk Usaha Masyarakat Lokal
Coban Rais, Bentuk Usaha Masyarakat Lokal

Coban Rais, Bentuk Usaha Masyarakat Lokal

Berwisata adalah kegiatan untuk melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasaan, mengetahui sesuatu yang dilakukan oleh manusia zaman sekarang.

A. Coban Rais

Coban Rais merupakan salah satu wisata yang ada di daerah Batu, Malang. Dulu ketika masih Perhutani yang mengelola tempat ini dijadikan sebagai wisata alam dan bumi perkemahan. Namun, itu berubah ketika ada kesepakan bersama antara Perhutani dan Investor yang sama -sama mengelola dengan ketentuan tidak merusak keindahan alam Coban Rais itu sendiri. Tahun 2016, Coban Rais menghadirkan nuansa baru pada wahana (destinasi) yang disuguhkan pada wisatawan. Destinasi ini memanfaatkan lahan sekitar 60 Hektar yang asri dan alami, karena masih termasuk kawasan hutan yang dilindungi oleh Perhutani Malang.
Kehadiran investor ini menjadikan tempat Coban Rais sebagai Pre-Wedding. Ide – ide seperti itu maka dikembangkan dengan berbagai konsep dan strategi yang dilakukan oleh Investor dengan bekerja sama dengan pihak Pariwisata dan Masyarakat Lokal. Peran investor seperti membangkitkan semangat masyarakat lokal, sehingga ada respon positif masyarakat lokal yang membantu terlaksana pariwisata di Coban Rais.

Dengan banyaknya wahana yang mulai menjadi destinasi favorit wisatawan, seperti Batu Flower Garden, Hammock Tower, Foto Sepeda Udara. Maka harga tiketpun menjadi problematika, karena untuk tiket masuk ke kawasan Coban Rais cukup bayar Rp. 10.000,- tetapi ketika pengen foto dan masuk ke wahana lainnya ditarik kembali dengan harga Rp. 25.000. Sebagai konsekuensinya, pihak pengelola yang bekerja sama dengan masyarakat lokal menyediakan fasilitas yang mempermudah pengunjung.


B. Bentuk Usaha Masyarakat Lokal di Coban Rais

Feedback yang dilakukan masyarakat lokal sebagai Jasa untuk mempermudah wisatawan untuk sampai dan nyaman di tujuannya. Maka yang dilakukannya sebagai berikut :

  1. Parkir
  2. Jasa Ojek
  3. Warung Makan
  4. Persewaan Tenda
  5. Jasa Pemotretan
  6. Kebersihan
  7. Keamanan

Dengan keterlibatan masyarakat lokal secara langsung bisa menyumbangkan pikiran (ide), materi, dan tindakan. Memang dengan adanya ekowisata akan memberikan peluang baru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat lokal. bagaimana sam, oyi tok yo!