//Charity Program Sambungdulur.co Peduli Pasca Erupsi Gunung Semeru
Sambungdulur Peduli Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Charity Program Sambungdulur.co Peduli Pasca Erupsi Gunung Semeru

Sapaan itu tidak ada yang bisa memperkirakannya atau memprediksinya, entah itu membawa kebahagiaan atau sebaliknya. Peringatanmu itu menandakan engkau terus hidup, dan hidup untuk menghidupi serta berdampingan dengan kita semua, Gunung Semeru (Barindra, 2020)

13 Desember 2020, rekan – rekan dari Sambungdulur.co yang memiliki inisiatif sendiri terhadap kepedulian pada warga yang terdampak pasca Erupsi Gunung Semeru, terutama di sekitaran Dusun Umbulan, Dusun sumbersari, dan curah kobokan, Lumajang. terhitung sejak Gunung Semeru menyapa beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 5 Desember 2020 sambungdulur.co sudah melakukan penyaluran bantuan bersama relawan lumajang untuk warga yang terdampak erupsi. Sehingga sambungdulur.co melalui media sosial instagram mulai menyebarkan poster yang ingin berdonasi untuk menyambung kasih dengan sedikit belas untuk saudara kita.

Memang masyarakat masih melakukan aktivitas seperti biasanya, hanya saja ketika malam hari tiba mereka bermalam di Posko Pengungsian. Karena memang masyarakat sudah mengenali lingkungannya ketika tinggal di dataran tinggi dan dekat dengan gunung yang aktif. Mereka menganggap lahar dingin sudah wajar terjadi. Material lahar dingin ini terbawa arus sungai oleh hujan yang hampir tiap hari turun. Terutama di lokasi curah kobokan, karena adanya aliran lahar susulan yang mengakibatkan kebulan awan yang tebal. Dan dampak yang merugikan yaitu banyak petani yang lahannya terkena abu vulkanik, kemungkinan besar gagal panen. serta buruh tambang pasir yang berhenti sejenak karena lahar dingin. Masalah kesehatan sebenarnya yang diuamakan, karena mereka tiap hari menghirup hujan abu vulkanik yang sampai sekitaran rumah mereka. Berdasarkan data dilapangan, ada 9 Kepala Keluarga yang terkena diare, tapi alhamdulillah sudah teratasi oleh tim medis.

“Peduli semua pasti peduli, dan kepedulian sosial banyak caranya. Dan terima kasih sudah mempercayakan kepada kami untuk menyalurkannya, tutur Lintang selaku pelopor sambungdulur.co”

Sambungdulur.co Berbagi

Penyaluran donasi yang sudah terkumpul kami bagikan langsung ke rumah warga di Desa Sapiturang, umbulan, sumbersari, dam gumukmas. Adapun bentuk donasi kami bedakan 2 kategori yaitu paket anak – anak dan paket dewasa sejumlah 700 pcs. Lintang mengatakan alasannya agar setiap rumah warga mendapatkan merata, dan rekan – rekan kami juga mudah membagikannya. Jadi ada 2 kantong plastik, berwarna hijau paket dewasa dan berwarna putih untuk anak – anak.

Bentuk Paket Donasi itu berupa :

  • Paket Anak – anak : Susu Indomilk, 1permen milkita, 1Roma Malkist, 1 Snack Tiara/Miko, 2roti aoka/bayu
  • Paket Dewasa : 2 sachet SKM, 1plek vitaminC, 2mie instan, 1 air mineral, 1 teh balap/dadang
  • 27 susu dancow 200gr untuk Balita
  • 10pcs gg surya untuk satgas umbulan dan pekerja pengalihan arus air
  • Bawang merah dan 100 pcs teh untuk dapur umum

Donasi itu semua sudah tersalurkan, terima kasih untuk para donatur yang memberi amanaj kepada kami. Kami mewakili para penerima donasi mengucapkan beribu Terima Kasih

Jika ingin mengetahui pelaporan keuangan dan bentuk penyaluran donasi ada di instagram kami @sambungdulur.co atau bisa ditonton kegiatan kami yang direkam oleh youtuber pemula @bobayetrenk