//Popularitas Kawasan Wisata Puncak B – 29 Lumajang
Puncak B-29 Mlaku2Men

Popularitas Kawasan Wisata Puncak B – 29 Lumajang

Kawasan Puncak B-29 merupakan salah satu wisata di lumajang yang sangat populer. Hal ini dikarenakan memiliki pemandangan alam yang natural dan memukau, perbukitan dan serasa di batas awan. Ketika langit cerah dibalik awan lebat tersebut ada Pesona Gunung Semeru dan Gunung Bromo yang menjadi latar belakang untuk berfoto ria atau mengabadikan momen. Keindahan itu sebenarnya tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata. Hanya melalui sosial media salah satunya instagram.

Puncak B-29 Mlaku2Men
(Puncak B-29, Lumajang)

Instagram menjadi salah satu yang sangat membantu kepopularitasan tempat wisata di lumajang. Karena kaum muda milenial sudah menjadi kewajiban untuk mengabadikan momen dan membagikan kepada pengikutnya. Saling berkomentar dan memberi tahu pengalaman di kolom komentar atau berujung pada Direct Message menjadi wadah yang asik untuk mengobrol dengan orang yang sudah pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata lumajang yakni Puncak B-29. selain itu, instagram juga sebagai ruang, di mana media ini mampu menawarkan imajinasi seseorang karena memberikan representasi yang tidak nyata menjadi nyata. Oleh sebab itu peran media Instagram ini memberikan gambaran mengenai wisata alam lumajang Puncak B – 29 itu sendiri, dan menjadikan suatu wacana yang menjadi Popularitas dengan memakai sebutan sebagai desa di atas awan.

Puncak B-29 ini merupakan salah satu wisata lumajang terbaru yang berada di kawasan tengger Gunung Bromo dari rute Lumajang. Ketinggiannya mencapai 2.900 Mdpl yang memberikan pesona wisata alam yang sungguh indah. Pada Puncak B – 29  terdapat dua spot pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu kawasan perkebunan Argosari yang membentuk barisan pegunungan Mahameru dengan puncaknya Semeru dan Kaldera lautan pasir Bromo dengan awan tebal yang bergerak seolah menyapa wisatawan. Tak ketinggalan pula sunrise dan sunset menjadi andalan wisata ketinggian di atas awan dapat dinikmati di sini. Wisata ini memang masih baru terdengar di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara lantaran kerapkali menjadi tren populer di sosial media terutama instagram.

Popularitas tempat wisata lumajang ini memberikan pengaruh besar dalam imajinasi wisatawan khususnya. Dalam mempromosikan pariwisata melalui media ini sebagai masa di antara (liminality) yakni membuat wisatawan meninggalkan kebiasaan kesehariannya (rutinitas). Dengan demikian peran media sosial ini mampu memberikan pengaruh besar dalam popularitas kawasan wisata Puncak B – 29 Lumajang.

Sosial Media

Menurut Boyd dan Ellison (2007), Social Networking Site (SNS) atau biasa disebut juga sebagai suatu layanan berbasis web yang menjadikan setiap individu bisa membangun hubungan sosial melalui dunia maya terlebih pada aplikasi Instagram. Mengenai Instagram adalah aplikasi untuk Photo – Sharing dan layanan jejaring sosial Online yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi hasil foto melalui berbagai layanan sosial media seperti Facebook, Twitter dan situs media lainnya[1]. Hal ini yang menjadikan aplikasi Instagram digunakan oleh wisatawan lantaran dapat langsung ­mengupload pengalaman ketika sudah berkunjung pada wisata tersebut serta dapat menggunakan efek dalam mengatur pewarnaan yang ingin di kehendaki. Oleh karena itu, media sosial Instagram ini mampu mengubah suatu representasi yang tidak nyata menjadi nyata dalam menawarkan imajinasi.

Popularitas wisata

Sebenarnya popularitas ini bergantung pada aktor yang mampu mempengaruhi banyak kalangan agar bisa dikenal dengan mudah. Menurut Nimmo (2008), dengan adanya modal popularitas maka akan lebih mudah bagi seseorang atau figur tersebut untuk mencuri perhatian masyarakat, melalui pemberitaan media yang diharapkan nantinya akan mempunyai nilai tambah untuk meningkatkan atau mendongkrak elektabilitas. Untuk mewujudkan semua itu, perlu dibangun pencitraan yang baik di tengah masyarakat, agar nantinya timbul simpati dan keberpihakan masyarakat kepada tokoh atau figur tersebut. Namun dalam hal ini terfokuskan pada suatu media sosial yang hangat diperbincangkan di dunia maya. Oleh karena itu, ketika wisata ini ditonjolkan oleh aktor yang terkenal seperti Jebraw dalam acaranya Jalan – Jalan Men ketika berkunjung dan menikmati pesona Puncak B – 29 ini akan memberikan serta berbagi pengalaman yang ditonton oleh para penggemarnya. Hal ini menjadikan kemudahan dalam mempromosikan suatu wisata.

loading…