//Mlaku – Mlaku Men: Mengingat Kembali
mlaku2men

Mlaku – Mlaku Men: Mengingat Kembali

Sebuah komunitas pemuda yang sangat berarti bagi kami, 3 kata yang akan selalu berarti di hati kami, yah sebut saja “MLAKU – MLAKU MEN”. Awal sebuah komunitas kecil yang dibentuk oleh 4 orang. Berawal dari 4 teman kita yaitu Ziwel, Yeye, Jek, Adi (nama panggilan mereka).

Awalnya mereka pertama kali melakukan travelling ke sebuah desa yang ada di dataran tinggi tepatnya Desa Argosari B-29 pada tanggal 16 Februari 2014, sebelum terkenal “Desa Diatas Awan”. Desa merupakan tempat tinggal masyarakat Tengger yang sudah berpuluh tahun yang lalu. Ketika berada di sana, mereka menemukan kesenangan bersama anak – anak kecil penduduk Desa Argosari. Lalu mereka bercanda – canda ria, berfoto dan membuat video bersama yang sudah terupload di Youtube Mlaku2Men Official. Tak terasa, mereka berempat beristrihat dan berdiskusi sampai mereka mempunyai ide untuk membentuk komunitas dengan nama “ZYJA” yang merupakan inisial nama mereka.

Selanjutnya, mereka travelling ke beberapa tempat ternyata lama kelamaan banyak teman – teman yang lain pengen ikut bergabung travelling bersama ZYJA. Lalu mereka berpikir karena semakin banyak yang ikut bergabung dengan kami, akhirnya mereka memutuskan untuk menganti nama ZYJA dengan nama yang lebih umum dan sangat bermakna karena suka menjelajahi alam maka muncullah ide “MLAKU – MLAKU MEN” yang terinsipirasi dari acara Jalan – Jalan Men yang sudah terkenal di Indonesia.

Mlaku – Mlaku Men adalah sebuah komunitas persahabatan alam dengan segenap cinta yang diberikan pemuda pemudi di dalamnya. Di benak hanya kami mimpikan, suatu saat kami akan dapat mewujudkan tujuan besar Komunitas ini, suatu saat kita akan menemukan euforia yang luar biasa bersama banyak orang dengan komunitas ini, suatu saat akan terwujud kebahagian kekeluargaan dengan komunitas ini. Dengan Berjalannya waktu, dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang mungkin secara tidak sengaja itu hanya kegiatan kesenangan semata, kebahagiaan anak alam yang mungkin tak terlihat manfaatnya, namun secara tidak langsung semua hal itu menarik bagi remaja yang mencintai alam dan suka tantangan.

Dimulai dari hanya beberapa orang, saat kumpul mereka selalu berfikir bagaimana bisa membuat komunitas ini menjadi sebuah komunitas yang asyik, nyaman, seru, banyak diminati banyak orang. Dan akhirnya, sebuah basecamp Mlaku – Mlaku Men pun terbentuk di sebuah rumah yang sederhana dan membuat kami menjadi nyaman, terletak di Lumajang khususnya Desa Kutorenon Jalan Juwet. Disana kami selalu meluangkan waktu, baik untuk bergurau atau menghilangkan kepenatan. Ketika itu kami berfikir, kami memerlukan aset untuk komunitas ini. Aset yang pada akhirnya nanti bisa membuat nama komunitas ini dikenal oleh masyarakat, banyak aset yang kami perlukan salah satunya yaitu tenda, segala kegiatan dan keperluan komunitas selalu kami perhitungkan dengan cara kekeluargaan, salah satu cara kami untuk memenuhi keperluan dengan cara berjualan, hehe ilmu penjualan masuk juga kan? memang sepertinya itu kami, menggerakkan semua kreativitas yang ada dalam benak anggota anggota remaja pemuda pemudi saat ini.

Nah, selama beberapa tahun ini, Alhamdulillah Mlaku – Mlaku Men sudah mempunyai banyak kegiatan. Awal kegiatan saat kita berkumpul Car Free Day (CFD) di Alun – Alun Lumajang, yang kami laksanakan secara rutin selain itu kegiatan sosial yang tergabung dengan Aliansi Pejalan. Di sini biasa kita gunakan untuk menambah solidaritas dan keakraban antara anggota satu dengan lainnya.

Pertama kalinya mengibarkan bendera Mlaku – Mlaku Men di Gunung Lemongan, Lumajang. Pada tanggal 24 – 25 Desember 2014 teman – teman Mlaku – Mlaku Men juga berhasil mengibarkan Bendera Mlaku – Mlaku Men di Puncak Mahameru. Tidak hanya gunung saja yang kita lewati dengan sikil Mlaku – Mlaku Men, berbagai Air Terjun yang ada di Lumajang tercinta pun sudah kami jamah. Sungai Lumajang pun yang sekarang sudah terkenal dengan jalur Tubing baru, yaitu senduro, juga sudah kami arungi selama kurang lebih 6 jam, rute dari Senduro – Lumajang. Bukan hanya tentang daki mendaki, mbrasak, hehe Mlaku Mlaku Men juga selalu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti halnya Candil (Candipuro-Lumajang). Ketika Bulan Ramadhan, atau hari hari besar, kami selalu membuat sebuah momen yang dimana momen itu akan kami kenang sampai kapanpun. 1 Tahun telah berlalu, tepat tanggal 16 Februari 2015 Mlaku – Mlaku Men sudah memasuki usia 1 Tahun, dengan acara tasyakuran dan party kecil – kecilan kami sangat merasa bersyukur, dari hanya 4 orang. sekarang sudah banyak yang tergabung bersama Mlaku – Mlaku Men. itu merupakan hal yang luar biasa.

Dengan 1 Tahunnya Mlaku2Men berinisiatif membuat malam langit kota Lumajang kita tercinta ini berwarna bagaikan bintang yang sangat indah dengan menerbangkan kurang lebih 30 lampion terbang. Kegiatan tersebut kami jadikan ajang Bakti Sosial dengan mengumpulkan atau menyumbangkan buku dan alat tulis, baju, celana dan sebagainya untuk kami berikan kepada pihak yang membutuhkan. Lokasi kami ambil di Desa Argosari B- 29, karena disanalah awal Mlaku – Mlaku Men lahir dan seringnya teman – teman sekedar bermain di sana dan mereka tahu kehidupan disana.

Mlaku – Mlaku Men adalah sebuah keluarga yang terbuka dan tidak mengikat siapapun yang ingin dan ada di dalamnya. Kebahagian tersendiri bagi orang yang cinta dengan Alam, namun proses itu lebih indah daripada hasil. Harapan dan Mimpi yang semula hanya indah di Angan, ternyata itu semua bisa terwujud dengan sebuah niat dan usaha yang tulus.