//Siti Sundari, Pujasera Berbasis Ekoregion Di Lereng Semeru
Siti Sundari, Pujasera Berbasis Ekoregion di Lereng Semeru

Siti Sundari, Pujasera Berbasis Ekoregion Di Lereng Semeru

Mengenal Siti Sundari, Siapa sih Siti Sundari itu? Jika memilah dari bahasa Sanskerta Siti bermakna bumi, tanah dan tempat hidup. Tapi di Indonesia, kata Siti sudah dikenal dengan sosok Ibu. “Karena Ibu menjadi segala sumber kehidupan”. Sedangkan Sundari dalam bahasa Sanskerta berarti perempuan yang cantik. Jadi digabung Siti Sundari berarti Bumi atau Ibu yang cantik. Jika versimu seperti apa Men?

Sesuai dengan namanya Siti Sundari memang tempatnya cantik, sejuk karena berada di dataran tinggi dekat lereng Gunung Semeru. Tepatnya di Desa Burno, Senduro, Lumajang. Sebenarnya Senduro adalah desa yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan desanya dari segi pariwisata, karena banyak sekali tempat wisata yang belum tereksplore oleh wisatawan. Kendalanya hanya akses jalan, dan edukasi pada masyarakat setempat yang masih minim.

Siti Sundari, Pujasera Berbasis Ekoregion di Lereng Semeru

Berbeda halnya yang ada di Desa Burno, Waha Wisata Siti Sundari dikembangkan langsung oleh masyarakat melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Perhutani, dan Pemerintah Desa Burno yang mampu menggali potensi yang ada di desanya. Salah satunya wahana outbound. Seperti yang diketahui, Siti Sundari adalah lahan terbuka luas dipagari pohon besar khas vegetasi pegunungan. hawanya sejuk, dingin dan menengkan karena angin semilir yang berhembus. Dengan kondisi alam seperti itu, perlu adanya kesadaran baik wisatawan, masyarakat maupun pemerintah lokal untuk menjaga kelestarian alam.

Nah, sepertinya Siti Sundari menjadi pusat perhatian khusus oleh Bupati Lumajang, Bapak Thoriqul Haq, MML. Jika mengacu pada berbagai artikel yang membahas Siti Sundari, ada pernyataan yang menarik “Siti Sundari harapannya bisa jadi penghubung untuk potensi pariwisata yang ada di wilayah Senduro, karena terdapat area downhill, offroad dan trail bagi wisatawan”. Sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai spot. Dan yang akan dikembangkan dekat – dekat ini yakni Flying Fox ujar Bupati Lumajang. Memang pariwisata menjadi cara untuk mempromosikan potensi suatu daerah. Karena mampu menunjang devisa pendapatan daerah dan pemberdayaan masyarakat setempat. Sehingga banyak ruang terobosan salah satunya Pujasera.

Pujasera di Alam, Wisatawan Perlu Perhatikan ini

Pujasera adalah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat zaman sekarang, karena identik dengan tempat berkonsep “makanan cepat saji” dan “pesan di meja makan”. Dengan kedua konsep tersebut, pujasera menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan apalagi berbaur dengan nature. Siti Sundari bisa menjadi wisata keluarga yang memiliki banyak wahana, mulai dari playground, spot olahraga, ngopi dan menyantap makanan.

Pujasera berbasis Ekoregion ini sebenarnya bukan click bait melainkan kekhawatiran penulis, memang bagus tapi harus melihat dari segala aspek. Pendekatan Ekoregion bertujuan agar dapat menghasilkan Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pemantauan dan evalusi secara bersama. Jadi, meskipun secara operasional pembangunan tetap dijalankan sendiri – sendiri oleh berbagai sektor, salah satunya pemberdayaan masyarakat.

Siti Sundari, Pujasera Berbasis Ekoregion di Lereng Semeru

Seperti yang diketahui, masyarakat dengan izin perhutani diperbolehkan mendirikan tempat sesukanya dengan batas tertentu yang sudah tersedia. Sehingga banyak Pujasera berbagai macam makanan dan minuman, salah satunya Senduro Cafe yang turut andil dalam pengembangan waha wisata Siti Sundari.

Dengan banyaknya tempat makan atau rest area di Siti Sundari, perlu adanya keseimbangan antara manusia dan alam. Manusia yang harus mampu menyesuaikan dengan alam. Sehingga Pujasera berbasis Ekoregion harus tetap sasaran sesuai dengan manfaatnya jangan sampai menyimpang. Terutama pada kebersihan, perlu wadah / bak sampah diseluruh Pujasera Siti Sundari, dan wisatawan bisa menjaga tata krama, meskipun dibilang tempat makan tapi ini berada di Alam, ingatlah itu, Men! Gaya Hidup tak lepas dari peran kapitalis yang sengaja menciptakan sistem ekonomi dengan tujuan menghasilkan Benefit sebanyak – banyaknya, tanpa peduli dampak negatif yang akan terjadi.

Jadi apakah Siti Sundari menjadi rekomendasi untuk berwisata dengan pacar, teman atau keluarga Men ? menyendiri juga asik kayaknya hehe